Wednesday, April 15, 2020

Empat Tahapan Umum Test Virus Corona

Di situasi yang serba genting dan juga membuat resah seperti ini tentu banyak membuat masyarakat parno. Dimana banyak orang yang sehat kemudian menjadi parno dan hal itu membuatnya mengalami rasa cemas yang berlebihan. Ketika mempunyai rasa cemas berlebihan tersebut dapat untuk membuat sistem imun yang mudah turun, sehingga akan lebih mudah sakit. Oleh karena itulah disaat seperti ini akan lebih baik untuk fokus pada menjaga kesehatan dan pencegahan yang bisa dilakukan dengan mudah seperti mencuci tangan, berusaha untuk tidak keluar, menggunakan masker, dan juga menghindari kontak langsung dengan orang lain. Sedangkan bagi Anda yang mempunyai gejala-gejala covid-19 dan mempunyai status sebagai ODP atau Orang Dalam Pemantauan. Tentunya juga ingin mempunyai kepastian untuk dapat melakukan test virus corona.

Terlebih ketika mengalami gejala yang dirasakan seperti penyakit virus corona yaitu mengalami demam, batuk kering, dan juga sesak nafas. Apabila ODP tidak mempunyai tanda atau gejala yang dirasakan maka bisa untuk melakukan isolasi diri selama kurang lebih 14 hari di rumah. Sedangkan untuk yang mempunyai gejala maka bisa untuk melakukan pemeriksaan yang dibutuhkan. Adapun untuk ODP juga mempunyai keunggulan karena bisa mendapatkan akses untuk menerima pemeriksaan rapid test. Bagi ODP yang masih bingung untuk langkahnya, di bawah ini adalah 4 langkah pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah terjangkit corona atau tidak:

1.    Tahap screening
Untuk tahap pertama adalah tahap skrining yang merupakan tahap paling awal pada pemeriksaan covid-19. Tahap ini adalah pasien akan bertemu dengan dokter dan melakukan tes wawancara dengan dokter. Nantinya dokter tersebut juga mempunyai tugas untuk melakukan observasi keadaan pasien dengan memberikan beberapa pertanyaan mengenai gejala yang dialami dan juga mengenai riwayat kontak dan juga riwayat perjalanan yang dilakukan. Tahap ini merupakan tahap awal untuk mengetahui apakah ada kemungkinan terserang covid-19 atau tidak.

2.    Tahap medical check up
Tahap kedua yang dilakukan setelah wawancara dengan dokter adalah tahapan medical checkup. Ketika mempunyai status ODP maka tentu saja mempunyai salah satu tanda yang terjadi yaitu apakah mempunyai gejala covid-19, pernah melakukan bepergian ke tempat yang terindikasi sebagai daerah yang mempunyai kasus corona, dan juga pernah melakukan kontak dengan pasien yang sudah positif corona. Sehingga untuk langkah ini adalah tahap lanjutan yaitu tahap medical checkup. Tahap ini merupakan tahapan yang dilakukan dengan berbagai tes yang dapat dilakukan. Mulai dari tahap pertama yaitu rapid test, kemudian juga PCR, hingga melakukan rontgen pada paru-paru.

3.    Menunggu hasil pemeriksaan
Setelah melakukan pemeriksaan maka hal yang dapat dilakukan adalah dengan menunggu hasil pemeriksaan tersebut. Ketika menunggu hasil tersebut Anda akan dipindahkan ke ruang dekontaminasi sehingga akan mendapatkan hasil dari pemeriksaan. Hasil tersebut akan memakan waktu setidaknya 1 hingga 2 jam sehingga dapat untuk menentukan status anda. apabila Anda menunjukkan tanda maka akan menjadi status sebagai Suspect Corona untuk pemeriksaan selanjutnya.

4.    Pembayaran
Langkah terakhir setelah pemeriksaan test virus corona adalah langkah pembayaran. Walaupun nantinya juga akan dilakukan pemeriksaan lainnya apabila dari pemeriksaan Anda menunjukkan hasil yang positif sehingga mempunyai status sebagai suspect corona. Sedangkan apabila hasilnya negatif maka bisa untuk melakukan isolasi diri di rumah dan pulang. Tetapi terlebih dahulu harus melakukan pembayaran di tempat yang telah Anda pilih untuk melakukan tes corona.